Jumat, 18 Oktober 2013

Anies Baswedan: Pemberantasan Korupsi Harus dari Rumah

PEMBERANTASAN korupsi di level elit, menurut Anies Baswedan, tidak cukup. Mantan Ketua Komite Etik KPK ini mengatakan pemberantasan korupsi harus dimulai dari hulu ke hilir dan yang penting dilakukan saat ini adalah pendidikan anti korupsi di rumah-rumah.

Hal ini disampaikan Anies dalam Forum Ekonomi Bandung bertema "Melihat Indonesia dari Bandung" di Ruang Amartapura, Hotel Panghegar, Bandung, hari ini.

"Korupsi adalah gejala defisit integritas. Integritas harus mulai kita didik di rumah-rumah. Ibu-ibu dapat mengatakan pada anaknya, rahim ini tak menghasilkan pencuri. Pesan itu akan tertanam penuh pada anak-anak kita," kata Anies di hadapan penggiat Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Bandung.

Ia menambahkan kesadaran atas hukum dan etika sangat perlu untuk mulai dibangun dari rumah. Kesadaran tersebut harus ada di institusi pendidikan dan institusi paling penting ada di rumah.

"Penegakan hukum atas tindak korupsi saat ini sebenarnya adalah level selanjutnya dari kesadaran hukum. Pemberantasan korupsi harus menyeluruh, itu kenapa pendidikan korupsi di rumah di level kesadaran hukum sangat penting," katanya.